trima kasih sudah mampir di blog saya dan jangan bosan mampir yaaa

Sabtu, 03 Agustus 2013

perpustakaan sebagai pusat pembelajaran Bahasa Arab



A.     Pengertian Perpustakaan
Kata perpustakaan berasal dari kata pustaka yang artinya kitab, buku-buku, kitab primbon. Kata pustaka mendapat imbuhan per- dan –an yang berarti kumpulan buku-buku bacaan atau bibliotek atau buku-buku kesusasteraan. Pengertian perpustakaan secara umum adalah suatu tempat atau gedung yang berisi buku-buku koleksi yang disusun secara teratur sehingga mudah untuk dicari bagi pembaca ketika dibutuhkan.

Melihat definisi perpustakaan diatas secara umum, dapat diambil kesimpulan bahwa perpustakaan mempunyai beberapa cirri-ciri, yaitu:
1.    Tersedianya ruangan yang digunakan khusus untuk perpustakaan.
2.    Ada koleksi bahan pustaka atau sumber informasi bahan lainnya.
3.    Ada petugas yang melayani para pengguna perpustakaan.
4.    Ada masyarakat pengguna.
5.    Ada sarana dan prasarana yang diperlukan.
6.    Ada tata cara atau mekanisme tertentu yang diperlukan dalam perpustakaan.


Orang yang bekerja dan memiliki kemampuan dan mengelola perpustakaan disebut pustakawan. Berdasarkan Keputusan Menteri Penertiban Aparatur Negara (Kepmenpan) Nomor 18 Tahun 1988 disebutkan bahwa pustakawan adalah pegawai negri sipil yang diberi tanggung jawab dan hak secara penuh untuk melakukan kegiatan kepustakawan pada unit-unit perpustakaan, dokumentasi dan informasi pemerintah atau unit lainnya.

Perpustakaan merupakan alat yang vital dalam setiap program pendidikan, pengajaran dan penelitian (research) bagi setiap lembaga pendidikan atau ilmu pengetahuan. Hamper setiap pendidik mengatakan bahwa perpustakaan adalah inti setiap program pendidikan dan pengajaran atau dalam bahasa asingnya “The heart of the educational programs”. Sehingga para ahli banyak yang menyimpulkan bahwa nilai suatu lembaga pendidikan, perguruan tinggi atau lembaga riset tergantung pada kualitas, kelengkapan dan kesempurnaan perpustakaan yang dimiliki.

B.     Tujuan, Fungsi Perpustakaan
Tujuan perpustakaan adalah untuk menyediakan fasilitas, sumber informasi dan pusat pembelajaran untuk menciptakan masyarakat yang terdidik, terpelajar, terbiasa membaca dan berbudaya tinggi. Setiap orang yang teratur atau rutin membaca khususnya diperpustakaan, naka dia akan dapat mengembangkan informasinya dan dapat mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, dia akan memperoleh kesenangan, rekreasi dan kepuasan batin yang tidak ditemukan di tempat lain.

Setiap orang yang masuk ke perpustakaan memiliki tujuan tertetnu yang berbeda-beda setiap orang, tujuan ke perpustakaan sebagai berikut:
·      Dapat mengikuti peristiwa dan perkembangan dunia terakhir, melalui berbagai macam sumber.
·      Mendapatkan pengajaran atau pendidikan secara tidak sengaja atau otodidak.
·      Mencarai referansi dalam menyelesaikan tugas, menulis, dll.

Secara umum, fungsi-fungsi perpustakaan antara laun:
1.    Fungsi edukatif
Buku-buku yang terdapat dalam perpustakaan bisa membantu para pengguna dalam meningkatkan interest membaca, sehingga teknik membaca semakin lam semakin berkembang menjadi baik. Buku-buku perpustakaan sebagian besar disesuaikan dengan kurikulum sekolah, sehingga dapat menunjang penyelenggaraan pendidikan sekolah.
2.    Fungsi informative
Perpustakaan tidak hanya menyediakan buku-buku sebagai bahan informasi, akan tetapi juga terdapat video, televise, peta, artikel, slide projector, dll sebagai pusat informasi.
3.    Fungsi tanggung jawab administrative
Fungsi ini tampak pada kegiatan perpustakaan sehari-hari, setiap pengunjung atau peminjam perpustakaan harus menyerahkan kartu anggota dan membayar denda bagi yang terlambat dalam mengembalikan buku perpustakaan. Dalam hal ini secara tidak langsung telah melatih masyarakat untuk bersikap dan bertindak secara administrative.
4.    Funsi riset
Perpustakaan menyediakan bahan pustaka, maka masyarakat yang sedang melakukan riset atau penelitian bisa dan akan terbantu dalam penelitiannya dengan adanya perpustakaan.
5.    Fungsi rekreatif
Fungsi ini tidak terlihat secara fisik, namun terlihat secara psikologisnya. Seperti seseorang membaca buku tentang kota Malang, dari buku tersebut dia akan mengetahui keindahan kota Malang, suasana atau keadaan kota tersebut. secara tidak langsung, pembaca akan merasakan seperti bertamasya langsung di kota itu.

C.     Jenis-jenis Perpustakaan
Adapun jenis-jenis perpustakaan, sebagai berikut:
1)   Perpustakaan Nasional RI
Perpustakaan nasional RI termasuk dalam perpustakaan khusus, terutama untuk bidang-bidang social dan kemanusiaan. Tugas pokok perpustakaan RI adalah melaksanakan pengumpulan dan penyimpanan bahan pustaka tertulis, tercetak dan terekam baik yang ada di Indoneisa ataupun luar negri sebagai khazanah kebudayaan bangsa serta untuk kepentingan pembangunan nasional dan kemajuan bangsa. Perpustakaan ini tidak member pinjaman untuk dibawa ke luar perpustakaan. Kegiatan-kegiatan dalam perpustakaan Nasional RI adalah:
·      Pusat kerjasama antara perpustakaan baik di dalam maupun di luar negri
·      Pusat deposit nasional
·      Pusat layanan referensi dan penelitian
·      Pusat bibliografi nasional
·      Pusat pembinaan semua jenis perpustkaan di Indonesia
·      Pusat pengembangan sumber daya perpustakaan.

2)   Perpustakaan Umum
Perpustakaan ini diibaratkan sebagai universitas rakyat, karena perpustakaan ini menyediakan berbagai informasi, teknologi, ilmu pengetahuan dan budaya serta merupakan lembaga pendidikan bagi masyarakat. Perpustakaan umum dibedakan lagi, antara lain:
·      Perpustakaan umum kabupaten/kota
·      Perpustakaan umum tingkat desa/kelurahan
·      Perpustakaan umum tingkat kecamatan
·      Perpustakaan keliling, dsb.

3)   Perpustakaan Perguruan Tinggi
Perpustakaan perguruan tinggi sering disebut dengan jantungnya universitas, karena tanpa perpustakaa pelaksanaan pembelajaran kurang kondusif, yang biasnya digunakan oleh para mahasiswa untuk penelitian dan mencari referensi dalam menyelesaikan tugasnya.

4)   Perpustakaan Khusus
Perpustakaan ini biasa disebut dengan perpustakaan kedinasan, karena hanya berada pada lembaga-lembaga pemerintahan dan lembaga swasta. Perpustakaan ini diadakan sebagai sumber infromasi dan ilmu pengetahuan yang berkaitan langsung atau tidak dengan instansi induknya sehingga dapat memudahkan untuk mencari informasi. Tugas perpustakaan ini adalah menyediakan sumber-sumber informasi dan mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan organisasi yang menaunginya.

5)   Perpustakaan Internasional
Perpustakaan ini menyediakan tentang informasi, dokumentasi yang bersifat internasional, seperti perpustakaan Sekretariat ASEAN yang mempunyai koleksi beerbagai informasi dan imu pengetahuan tentang negaranya masing-masing.

D.      Perpustakaan Sebagai Pusat Pembelajaran Bahasa Arab
Fungsi adanya perpustakaan diantaranya adalah sebagai pusat mencari informasi atau dipakai sebagai pusat sumber belajar, diantaranya adalah belajar Bahasa Arab. Dalam pembelajaran Bahasa Arab ada beberapa media yang digunakan baik media visual atau audio visual. Perpustakaan merupakan media pembelajaran Bahasa Arab yang bersifat visual.

Dalam perpustakaan terdapat banyak kitab-kitab atau artikel-artikel yang bertuliskan arab yang dapat menunjang pembelajaran Bahasa Arab, misalnya dapat menambah koleksi mufrodat peserta didik. Selain itu, di perpustakaan juga terdapat CD /DVD/VCD/kaset yang dapat menunjang materi belajar istima’ atau muhadasah para paserta didik.


DAFTAR PUSTAKA

NS, Sutarno. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: CV. Sagung Seto.
Perpustakaan Nasional RI. 2001. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Umum. Jakarta: Perpusnas.
Trimo, Soejono. 1985. Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bafadal, Ibrahim. 1992. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistyo. 1994. Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: PT. Renaja Rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar