trima kasih sudah mampir di blog saya dan jangan bosan mampir yaaa

Sabtu, 22 Juni 2013

Contoh Tes Soal Bahasa Arab


1.     A. contoh soal pilihan ganda

1.     الطلاب يذاكرون درس اللغة العربية.
أ‌.        المبتدا            ب. خبر                   ج. مفعول به             د. فاعل
2.     مبتداء + خبر [مضاف + مضاف اليه]
أ‌.        قلم عمر جديد.                      ب. بيت الاستاذ كبير.
ج.   ذلك مدرس الفقه.                  د. افضل اللاعمال الصلاة على وقتها.
3.  أعطي ...... جوائز تقديرية في عيد الا ستقلال للبلاد.
أ. المدرسين          ب. الأبطال الشجعان
ج. جنودا             د. الطلاب المثاليين

4. هل عنده قلم و كتاب ؟
a. apakah saya punya pena dan buku ?
b. apakah kamu punya pena dan kitab ?
c. apakah dia punya pena dan kitab ?
d. apakah kita punya pena dan kitab ?
5. القاهرة – لأدرس – ذهبت – إلى – العربية – اللغة
          1        2        3        4        5        6
أ.  1- 2- 4- 6- 5- 3
ب. 3- 2- 1- 4- 6- 5
ج. 2- 6- 5- 4- 1- 3
د. 3- 4- 1- 2- 6- 5

B. contoh soal jawaban pendek

1.  أن يتم الانتهاء من تقييم مهمة خلال فترة زمنية معينة، هو.... [تقييم المشروع]
2. الضعف في التقييم في شكل اختيارية متعددة، يعنى...... [يأخذ الكثير من الوقت والجهد]
3. كتب، جرى، ضرب أو قفز بما فبه المجال...... [السلوكي]
4. تقييم النمو والتقدم أو النجاح من دون اختبار المتعلمين (غير اختبار تقنيات)، و لكن با لفحص الوثائق يعنى.... [تحليل الوثيقة]
5. المهارات اللغوية مهمة هي الاستماع والكتابة والقراءة و..... [الكلام]

2.  a). Observasi
Jenis Sekolah :
Penyusun       :
Mata Pelajaran :
Hari/tanggal   :
Alokasi waktu         :
Standar kompetensi : kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi kelompok
Berilah skor pada kolom berdasarkan pernyataan dibawah ini:
No
Aspek yang diukur
penilaian
3
2
1
1
Rela menyatakan atau mau menerima atau mengharap orang lain memberikan pendapat



2
Rela mau menerima atau mengharap orang lain memberikan masukan



3
Meminta kesempatan berpendapat dan rela jika pendapatnya tidak diterima



4
Rela membantu, mendorong  atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat



5
Menunggu/tidak memotong teman yang sedang berbicara/ menyamapikan pendapat



                            
Keterangan:
                Skor 3= baik, 2= cukup, 1= kurang
b). Wawancara
Tujuan : untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan siswa dalam berbahasa Arab.

No
Pertanyaan
Skala penilaian
Ya
Tidak
1
Saya bisa memahami makna kata bahasa Arab


2
Saya bisa mendegar dan memahami jelas pada saat pembelajaran istima’


3
Bila saya tidak paham saya bertanya pada guru


4
Saya minder karena tidak bisa berbahasa Arab


5
Sebelum pembelajaran dimulai saya belajar terlebih dahulu


6
Saya tidak gugup berbicara bahasa arab di depan teman dan guru


7
Saya fasih berbahasa Arab


8
Sulit sekali bila mengarang bahasa Arab


9
Sedikit sekali mufrodah yang saya hafal


10
Saya fasih membaca bacaan yang berbahasa Arab.



c). Performent
Soal: lafalkan mufrodah bahasa arab secara hafalan!
No.
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indicator
Bentuk penilaian
1.
Menghafal mufrodah bahasa arab
Menghafal mufrodah sebanyak 30 kata dengan lancar
Siswa dapat melafalkan mufrodah secara lisan
kinerja

Pedoman penskoran
No.
KD/Indikator
Skor
1.
Hafal mufrodah bahasa arab (kelengkapan)
(5=hafal semua, 3=hafal separo, 1=hafal sedikit)
0-5
2.
Kelancaran dalam melafalkan
(5=lancar,3=cukup, 1=kurang)
0-5
3.
Kejelasan suara
(5=jelas, 3=cukup, 1=kurang)
0-5
4.
Kefasihan
(5=fasih, 3=cukup, 1=kurang)
0-5

Skor maksimum
20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar