trima kasih sudah mampir di blog saya dan jangan bosan mampir yaaa

Selasa, 02 Juli 2013

Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab



Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab
Makalah diajukan sebagai UAS mata kuliah “ Teknologiyah Ta’lim Lughah Arab”
Oleh:
Nur Risma Amaliyah               (D72211069)

Dosen Pembimbing:
Taufik Siraj, M. Pd.I

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN (FITK)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA
2013


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah dengan rahmat dan karunia Allah SWT, penulis dapat menyelesaikan makalah sebagai tugas memenuhi mata kuliah “Teknologiyah Ta’lim Lughah Arab”, semua itu tidak terlepas dari rahmat dan rahim serta pertolongan-Nya, sehingga semua hambatan dan kendala yang dihadapi dapat diselesaikan dengan lancar. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang telah membimbing umatnya ke jalan yang benar dan diridloi-Nya.
Tidak lupa juga penulis mengucapkan ribuan terimakasih kepada dosen pengampu Bapak Taufik Siraj yang telah merelakan waktunya kepada penulis untuk membantu dan memotivasi penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Dan ribuan terimakasih penulis ucapkan kepada rekan-rekan yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Penulis menyadari dalam proses penulisan makalah ini tidak lepas dari hambatan dan rintangan, tetapi berkat bantuan dari berbagai pihak baik materil maupun spiritual beban yang berat itu dapat teratasi. Ibarat tak ada gading yang tak retak, penulis mengharapkan kritik dan saran atas kesalahan dan kekurangan yang ada dalam penulisan makalah ini.

Surabaya,  Juli 2013


Penulis

DAFTAR ISI

COVER
KATA PENGANTAR.............................................................................................. i
DAFTAR ISI............................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang........................................................................................ 1
B.     Tujuan Pembahasan................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Komputer............................................................................... 3
B.     Pengertian Media Pembelajaran..................................................... ........ 4
C.     Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab.....................        6
D.    Kelebihan dan Kekurangan Komputer.............................................        8
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan.............................................................................................. 11
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 12
              






BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar belakang
Dewasa ini, kemajuan teknologi sangatlah pesat. Orang-orang banyak memanfaatkan teknologi guna membantu atau mengatasi sesuatu dalam kegiatan maupun kebutuhan sehari-hari mereka. Dalam pembelajaran sangat diperlukan adanya media. Media ini menjadi perantara dalam menyampaikan suatu materi yang diberikan oleh guru kepada peserta didik. Media dapat berupa apapun, baik berupa visual, audio maupun audiovisual. Salah satunya media berupa computer. Dalam dunia pendidikan, computer merupakan media yang tepat guna menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan pembelajaran terutama bahasa arab memerlukan adanya computer sebagai aplikasi penunjang materi.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada semakin mendorong upaya pembaruan-pembaruan dalam pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak menutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan zaman, guru dituntut untuk dapat menggunakan alat-alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan bersahaja tetapi dapat bermanfaat untuk pembelajaran yang merupakan keharusan dalam upaya pencapaian tujuan pengajaran yang diharapkan. Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pembelajaran yang akan digunakannya dalam pengajaran apabila media tersebut belum tersedia.
Dari uraian diatas maka, penulis mengambil judul Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab.


B.     Tujuan pembahasan
1.      Untuk dapat mengetahui pengertian computer
2.      Untuk dapat mengetahui pengertian media pembelajaran
3.      Untuk dapat mengetahui computer sebagai media pembelajaran bahasa Arab
4.      Untuk dapat mengetahui model pembelajaran Bahasa Arab dengan media komputer
5.      Untuk dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan computer sebagai media pembelajaran bahasa Arab
.













BAB II
PEMBAHASAN
A.     Pengertian Komputer
Computer berasal dari bahasa latin yaitu “computare”, yang mengandung arti menghitung. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.[1]
Menurut V.C Hamacher (1982), computer adalah mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuia dnegan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.
Sedangkan menurut Donlad H. Sanders (1985), computer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan meyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa computer adalah suatu alat elektronik yang dapat menerima dan mengolah input dengan menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori computer, dan menghasilkan output dalam bentuk informasi, serta dapat menyimpan program atau hasil dari pengolahan dalam suatu media penyimpanan.



B.     Pengertian Media Pembelajaran
Media berasal dari bahasa Latin yakni bentuk jamak dari “Medium” yang berarti “Perantara” yaitu perantara penyampaian suatu pesan kepada penerima. Menurut Schramm (1977) berkata bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Sedangkan Briggs (1977) berpendapat jika media pembelajaran merupakan sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran, seperti buku, film, video dan lain-lainnya.
Bahasa arab adalah bahasa semitik. Bahasa Arab merupakan bahasa kedua setelah bahasa Inggris di dunia internasional. Pada umumnya, media pembelajaran bahasa Arab yaitu suatu sarana/alat yang digunakan sebagai pembawa pesan mengenai materi pembelajaran bahasa Arab.
Terdapat berbagai jenis media belajar, diantaranya:[2]
1.    Media Visual, seperti grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik.
2.    Media Audial, seperti radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dst.
3.    Projected still media, seperti over head projector (OHP), in focus, dsb.
4.    Projected motion media, seperti film, televise, video (VCD, DVD, VTR), computer, dsb.
Mengenai media pembelajaran, Allah SWT. telah menyinggungnya dalam Al-Qur’an. Mengenai media pembelajaran, terdapat di dalam surat yang pertama kali diturunkan oleh Allah SWT. yakni surat Al-Alaq ayat 1-5:
ù&tø%$# ÉOó$$Î/ y7În/u Ï%©!$# t,n=y{ ÇÊÈ   t,n=y{ z`»|¡SM}$# ô`ÏB @,n=tã ÇËÈ   ù&tø%$# y7š/uur ãPtø.F{$# ÇÌÈ   Ï%©!$# zO¯=tæ ÉOn=s)ø9$$Î/ ÇÍÈ   zO¯=tæ z`»|¡SM}$# $tB óOs9 ÷Ls>÷ètƒ ÇÎÈ  
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”
Dan terdapat pula pada surat Al-Jatsiyah ayat 13:
t¤yur /ä3s9 $¨B Îû ÏNºuq»yJ¡¡9$# $tBur Îû ÇÚöF{$# $YèÏHsd çm÷ZÏiB 4 ¨bÎ) Îû šÏ9ºsŒ ;M»tƒUy 5Qöqs)Ïj9 šcr㍩3xÿtGtƒ ÇÊÌÈ  
“dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.”
Adanya potensi dan  tersedianya  lahan  yang  diciptakan Allah,  serta  ketidakmampuan  alam  raya membangkang terhadap perintah  dan  hukum-hukum  Tuhan,  menjadikan  ilmuwan  dapat memperoleh  kepastian  mengenai  hukum-hukum  alam. Karenanya, semua itu mengantarkan manusia berpotensi  untuk  memanfaatkan alam  yang  telah  ditundukkan Tuhan. Keberhasilan memanfatkan alam itu merupakan buah teknologi.[3] Teknologi banyak macamnya, namun banyak orang yang mengidentikkan teknologi dengan computer.

C.     Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab
Perkembangan teknologi komputer yang cepat telah memperluas lingkup perannya seperti internet dan multimedia. Dalam konteks pembelajaran bahasa sudah banyak diciptakan compact disk program program kebahasaan. Berbagai aspek kebahasaan; fonologi, morfologi, sintaksis, leksikologi, dan sastra, serta aspek keterampilan berbahasa semua sudah bisa diakses dengan mudah melalui multimedia dan internet.[4]
Dalam menggunakan computer, perlu adanya kinerja dari perangkat-perangkat lain sebagai pendukung dalam memanfaatkan computer, seperti terkoneksinya computer dengan internet dengan bantuan modem maupun wi-fi. Dengan terkoneksinya computer dengan internet, guru dapat  berinteraksi dengan para siswa ataupun dnegan narasumber materi yang terkait melaui e-mail, chatting, twitter, maupun facebook dan lain-lainnya.
Interaksi guru dengan siswa lebih tinggi dan pengetahuan terbentuk secara berkesinambungan terhadap apa yang selalu siswa temui dalam perkembangan pengetahuan. Di mana penggunaan media komputer sebagai pendukung dalam kegiatan pembelajaran sebagai media perantara, komunikasi dan sumber pengetahuan.
Bagi guru hadirnya internet dapat dijadikan tempat untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan dalam mata pelajaran yang menjadi bidang ampuannya. Melalui penggunaan internet guru akan selalu siap mengajarkan ilmu pengetahuan yang mutakhir kepada para siswanya.
Sementara bagi siswa penggunaan internet dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap kegiatan akademik siswa, Internet dapat menjadi sebuah referensi atau bahkan gudang ilmu pengetahuan bagi siswa atau pelajar. Jika mengalami sebuah kesulitan dalam mengerjakan tugas, mereka dapat menemukan jawaban melalui internet. Bahkan tidak sedikit guru menugaskan siswanya untuk mencari jawaban dari tugas sekolah di internet.[5]
Terdapat model-model pembelajaran bahasa Arab dengan media computer, antara lain:
1.    Model Drill and practice
Jenis ini digunakan untuk mempermahir kemampuan atau memperkuat pemahaman konsep anak tentang suatu materi. Dalam hal ini, siswa siap untuk mengingat kembali atau mengaplikasikan pengetahuan yang dimilikinya dengan serangkaian latihan dan praktik yang diberikan.
2.    Model tutorial[6]
Sejumlah konsep/materi yang perlu diajarkan dan difahami siswa. Kemudian diikuti dengan sejumlah pertanyaan, atau latihan/soal untuk memeriksa pemahaman siswa terhadap konsep/materi tersebut. Siswa berinteraksi dengan komputer seperti ia berinteraksi dengan guru: “one-to-one session.”
Bila materi yang akan diberikan cukup banyak, maka penyajiannya akan diberikan secara bertahap, mulai dari materi dasar ke tingkat yg lebih tinggi, dan seterusnya. Selain itu ada pula sejumlah pertanyaan/soal yg pemunculannya dibuat random.
Bila siswa gagal melewati kriteria untuk “lulus”, maka ia akan dikembalikan ke bagian penjelasan konsep/materi yang pertama. Akan tetapi bila sistem ini disertai dengan modul “remedial”, maka bila gagal, siswa akan diberikan remedial terhadap topik yang ia salah saja (tidak mengulang semua).
3.    Model simulasi
Proses simulasi biasanya digunakan untuk mengajarkan proses atau konsep yang tidak secara mudah dapat dilihat (abstrak), seperti bagaimana bekerjanya proses ekonomi, atau bagaimana hubungan antara supply & demand terhadap harga dan seterusnya. Simulasi juga dilakukan untuk memunculkan suatu keadaan yang berbahaya dan dicobakan di dunia riel.[7]
4.    Model games/permainan[8]
Pada dasarnya, jenis ini tepat jika diterapkan pada siswa yang senang bermain. Bahkan, jika didesain dengan baik sebagai sarana bermain sekaligus belajar, maka akan lebih meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan metode belajar sambil bermain, maka jenis ini akan sesuai dengan keinginan siswa, sehingga dapat membantu siswa untuk lebih cepat memahami suatu pembelajaran.

D.    Kelebihan Dan Kekurangan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab
Dalam setiap penggunaan dari sesuatu, tentu akan ada suatu kelebihan maupun kekurangan yang terjadi pada computer yang dijadikan sebagai media pembelajaran bahasa arab.
a)    Kelebihan Komputer sebagai media pembelajaran, sebagai berikut:[9]
·      Meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa.
·      Meningkatkan motivasi siswa.
·      Menyesuaikan materi dengan kemampuan siswa.
·      Mereduksi penggunaan waktu penyampaian materi.
·      Membuat pengalaman belajar lebih menyenangkan, memuaskan dan menguatkan siswa.
·      Komputer tidak akan lelah, benci, marah, dan lupa.
·      Dapat menggunakan fasilitas penyimpanan untuk mengetahui kemajuan belajar siswa.
·      Materi dapat di desain lebih menarik.

b). Kekurangan computer sebagai media pembelajaran, antara lain:[10]
·      Perangkat keras dan perangkat lunaknya yang mahal, cepat ketinggalan. Teknologi yang cepat berubah sangat memungkinkan peralatan yang dibeli hari ini akan ketinggalan di tahun berikutnya.
·      Petunjuk administrasi yang dites dalam waktu singkat. Pertanyaan seperti apakah (dalam kebanyakan lingkungan) programmer komputer sebaiknya menjadi perancang instruksional atau perancang intruksional sebaiknya belajar untuk menjadi programmer belum dapat dipecahkan. Persoalan lain seperti sejauh mana pengetahuan tentang komputer diperlukan bagi seorang ahli teknologi pendidikan atau seberapa jauh komputer harus dihadapkan kepada para ahli pendididkan masih di pertanyakan.
·      Suatu kepustakaan yang disusun terutama mengenai artikel-artikel jurnal profesional, dan perdagangan. Kebanyakan pustaka ini bersifat teknis, ditulis berdasarkan pandangan ilmu komputer dan biasanya membingungkan perancang instruksional.
·      Keterbatasan bentuk dialog/ komunikasi
·      Sering siswa mempunyai jalan pikiran yang belum tentu dapat terancang dan diungkapkan dengan tepat melalui komputer.
·      Untuk feeback yang diperlukan siswa pada dasarnya sering sangat bervariasi, tetapi dengan komputer kepentingan siswa masing-masing tidak selalu dapat terlacak atau disediakan oleh program komputer.
·      Beberapa program yang disediakan mungkin menyebabkan belajar hafalan yang kurang bermakna bagi siswa
·      Keterseringan menggunakan komputer dapat menyebakan ketergantungan yang berakibat kurang baik.
·      Mengurangi sikap interaksi sosial yang seharusnya merupakan bagian dalam pendidikan














BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
v Computer adalah suatu alat elektronik yang dapat menerima dan mengolah input dengan menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori computer, dan menghasilkan output dalam bentuk informasi, serta dapat menyimpan program atau hasil dari pengolahan dalam suatu media penyimpanan.
v Media pembelajaran bahasa Arab yaitu suatu sarana/alat yang digunakan sebagai pembawa pesan mengenai materi pembelajaran bahasa Arab.
v Dalam Al-Quran telah menjelaskan mengenai media pembelajaran yang salah satunya terdapat pada surat Al-‘Alaq ayat 1-5 dan terdapat pula di dalam surat Al-Jatsiyah ayat 13
v Dalam pembelajaran bahasa Arab dengan media komputer terdapat beberapa model pembelajaran, sebagai berikut:
·         Model drill and practice
·         Model stimulasi
·         Model turorial
·         Model games
v Kelebihan computer sebagai media pembelajaran, antara lain:
·      Meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa.
·      Meningkatkan motivasi siswa.
·      Menyesuaikan materi dengan kemampuan siswa.
·      Mereduksi penggunaan waktu penyampaian materi, dsb
v Kekurangan computer sebagai media pembelajaran, sebagai berikut:
o  Beberapa program yang disediakan mungkin menyebabkan belajar hafalan yang kurang bermakna bagi siswa
o  Keterseringan menggunakan komputer dapat menyebakan ketergantungan yang berakibat kurang baik.
o  Mengurangi sikap interaksi sosial yang seharusnya merupakan bagian dalam pendidikan
o  Keterbatasan bentuk dialog/ komunikasi


















DAFTAR PUSTAKA
http://abdima.blogspot.com/2013/04/memanfaatkan-komputer-sebagai-media-belajar-pembelajaran.html (4 Maret 2013)
http://endangkusuma93.wordpress.com/2012/12/14/makalah-komputer-sebagai-media-pembelajaran/ (14 Desember 2012)
http://ennykr.blogspot.com/2012/01/media-pembelajaran-berbasis-komputer.html (25 Januari 2012)
http://ezqieadyati.blogspot.com/2013/05/komputer-sebagai-media-pembelajaran.html (14Mei 2013)
http://firdhanramadhansmart.wordpress.com/2011/05/05/pembelajaran-berbasis-komputer/ (5 May 2011)
http://mbotex.wordpress.com/2012/12/19/pbk-pembelajaran-berbantuan-komputer-2/ (19 Desember 2012)
http://ruri-education-arce.blogspot.com/2010/10/pemanfaatan-teknologi-komputer-sebagai.html (Oktober 2010)
http://www.bahasaarabsdit.com/2012/04/pembelajaran-bahasa-arab-berbantukan.html (20 April 2012)
http://welfaretechno.blogspot.com/2013/04/beberapa-ayat-al-quran-yang-menjelaskan.html (15 April 2013)
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer






[1] Lihat https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
[2] Lihat http://ennykr.blogspot.com/2012/01/media-pembelajaran-berbasis-komputer.html
(25 Januari 2012)
[3] Lihat http://welfaretechno.blogspot.com/2013/04/beberapa-ayat-al-quran-yang-menjelaskan.html  (15 April 2013)
[4] Lihat http://ruri-education-arce.blogspot.com/2010/10/pemanfaatan-teknologi-komputer-sebagai.html (Oktober 2010)
[5] Lihat http://abdima.blogspot.com/2013/04/memanfaatkan-komputer-sebagai-media-belajar-pembelajaran.html (4 Maret 2013)
[6] Lihat http://ezqieadyati.blogspot.com/2013/05/komputer-sebagai-media-pembelajaran.html (14Mei 2013)
[7] Lihat http://endangkusuma93.wordpress.com/2012/12/14/makalah-komputer-sebagai-media-pembelajaran/  (14 Desember 2012)
[8] Lihat http://mbotex.wordpress.com/2012/12/19/pbk-pembelajaran-berbantuan-komputer-2/ (19 Desember 2012)
[9] Lihat http://www.bahasaarabsdit.com/2012/04/pembelajaran-bahasa-arab-berbantukan.html (20 April 2012)
[10] Lihat http://firdhanramadhansmart.wordpress.com/2011/05/05/pembelajaran-berbasis-komputer/ (5 May 2011)

1 komentar:

  1. Dengan banyaknya yang menyukai burung lovebird, harga jual burung ini pun sangat tinggi dan meningkat, seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga wajar, bila para peternak burung berlomba-lomba membudidayakan burung lovebird agar meraup banyak keuntungan. Namun hal yang banyak terjadi, dalam proses budidaya/beternak burung lovebird, Kita sering mengalami kegagalan untuk mengawinkan keduanya (jantan dan betina). Alasannya cukup simpel, tidak sedikit burung. Masih berkaitan Jika menggunakan cabai bubuk korea warnanya akan jauh lebih merah dan jika menggunakan cabai lokal warnanya tidak secerah cabai korea tapi rasanya lebih mantap.
    Masmuka Artinya Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird Ufa Bunga SMartphone

    BalasHapus