Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab
Makalah
diajukan sebagai UAS mata kuliah “ Teknologiyah Ta’lim Lughah Arab”
Oleh:
Nur Risma Amaliyah (D72211069)
Dosen Pembimbing:
Taufik Siraj, M. Pd.I
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN (FITK)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA
2013
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah dengan rahmat dan karunia Allah SWT, penulis dapat
menyelesaikan makalah sebagai tugas memenuhi mata kuliah “Teknologiyah Ta’lim
Lughah Arab”, semua itu tidak terlepas dari rahmat dan rahim serta
pertolongan-Nya, sehingga semua hambatan dan kendala yang dihadapi dapat
diselesaikan dengan lancar. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan
kepada Nabi Muhammad SAW. yang telah membimbing umatnya ke jalan yang benar dan
diridloi-Nya.
Tidak lupa juga penulis mengucapkan ribuan terimakasih kepada dosen
pengampu Bapak Taufik Siraj yang telah merelakan waktunya kepada penulis untuk
membantu dan memotivasi penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Dan ribuan
terimakasih penulis ucapkan kepada rekan-rekan yang telah membantu dalam
penyelesaian makalah ini.
Penulis menyadari dalam proses penulisan makalah ini tidak lepas
dari hambatan dan rintangan, tetapi berkat bantuan dari berbagai pihak baik
materil maupun spiritual beban yang berat itu dapat teratasi. Ibarat tak ada
gading yang tak retak, penulis mengharapkan kritik dan saran atas kesalahan dan
kekurangan yang ada dalam penulisan makalah ini.
Surabaya, Juli 2013
Penulis
DAFTAR ISI
COVER
KATA PENGANTAR.............................................................................................. i
DAFTAR ISI............................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang........................................................................................ 1
B.
Tujuan Pembahasan................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian
Komputer............................................................................... 3
B. Pengertian Media
Pembelajaran..................................................... ........ 4
C. Komputer Sebagai
Media Pembelajaran Bahasa Arab..................... 6
D. Kelebihan dan
Kekurangan Komputer............................................. 8
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan.............................................................................................. 11
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Dewasa ini, kemajuan teknologi
sangatlah pesat. Orang-orang banyak memanfaatkan teknologi guna membantu atau
mengatasi sesuatu dalam kegiatan maupun kebutuhan sehari-hari mereka. Dalam
pembelajaran sangat diperlukan adanya media. Media ini menjadi perantara dalam
menyampaikan suatu materi yang diberikan oleh guru kepada peserta didik. Media
dapat berupa apapun, baik berupa visual, audio maupun audiovisual. Salah
satunya media berupa computer. Dalam dunia pendidikan, computer merupakan media
yang tepat guna menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan
pembelajaran terutama bahasa arab memerlukan adanya computer sebagai aplikasi
penunjang materi.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang ada semakin mendorong upaya pembaruan-pembaruan dalam
pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu
menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak menutup kemungkinan
bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan zaman, guru dituntut untuk dapat
menggunakan alat-alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan
bersahaja tetapi dapat bermanfaat untuk pembelajaran yang merupakan keharusan
dalam upaya pencapaian tujuan pengajaran yang diharapkan. Disamping mampu
menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat
mengembangkan keterampilan membuat media pembelajaran yang akan digunakannya
dalam pengajaran apabila media tersebut belum tersedia.
Dari uraian diatas maka, penulis
mengambil judul Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab.
B.
Tujuan pembahasan
1.
Untuk
dapat mengetahui pengertian computer
2.
Untuk
dapat mengetahui pengertian media pembelajaran
3.
Untuk
dapat mengetahui computer sebagai media pembelajaran bahasa Arab
4.
Untuk
dapat mengetahui model pembelajaran Bahasa Arab dengan media komputer
5.
Untuk
dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan computer sebagai media pembelajaran
bahasa Arab
.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Komputer
Computer
berasal dari bahasa latin yaitu “computare”, yang mengandung arti
menghitung. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.[1]
Menurut V.C Hamacher (1982),
computer adalah mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima
informasi input digital, memprosesnya sesuia dnegan program yang tersimpan di
memorinya dan menghasilkan output informasi.
Sedangkan menurut Donlad H.
Sanders (1985), computer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang
cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis
menerima dan meyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah
pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di
memori (stored program).
Dari uraian diatas dapat disimpulkan
bahwa computer adalah suatu alat elektronik yang dapat menerima dan mengolah input dengan
menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori computer, dan
menghasilkan output dalam bentuk informasi, serta dapat menyimpan program atau
hasil dari pengolahan dalam suatu media penyimpanan.
B.
Pengertian Media Pembelajaran
Media berasal
dari bahasa Latin yakni bentuk jamak dari “Medium” yang berarti “Perantara”
yaitu perantara penyampaian suatu pesan kepada penerima. Menurut Schramm (1977)
berkata bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat
dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Sedangkan Briggs (1977) berpendapat
jika media pembelajaran merupakan sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi
pembelajaran, seperti buku, film, video dan lain-lainnya.
Bahasa arab
adalah bahasa semitik. Bahasa Arab merupakan bahasa kedua setelah bahasa
Inggris di dunia internasional. Pada umumnya, media pembelajaran bahasa Arab
yaitu suatu sarana/alat yang digunakan sebagai pembawa pesan mengenai materi
pembelajaran bahasa Arab.
Terdapat
berbagai jenis media belajar, diantaranya:[2]
1.
Media
Visual, seperti grafik, diagram, chart,
bagan, poster, kartun, komik.
2.
Media
Audial, seperti radio, tape recorder,
laboratorium bahasa, dst.
3.
Projected
still media, seperti over
head projector (OHP), in focus, dsb.
4.
Projected
motion media, seperti film,
televise, video (VCD, DVD, VTR), computer, dsb.
Mengenai media
pembelajaran, Allah SWT. telah menyinggungnya dalam Al-Qur’an. Mengenai media
pembelajaran, terdapat di dalam surat yang pertama kali diturunkan oleh Allah
SWT. yakni surat Al-Alaq ayat 1-5:
ù&tø%$#
ÉOó$$Î/
y7În/u
Ï%©!$#
t,n=y{
ÇÊÈ t,n=y{
z`»|¡SM}$#
ô`ÏB
@,n=tã
ÇËÈ ù&tø%$#
y7/uur
ãPtø.F{$#
ÇÌÈ Ï%©!$#
zO¯=tæ
ÉOn=s)ø9$$Î/
ÇÍÈ zO¯=tæ
z`»|¡SM}$#
$tB
óOs9
÷Ls>÷èt
ÇÎÈ
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang
Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan
Tuhanmulah yang Maha pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia
mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”
Dan terdapat
pula pada surat Al-Jatsiyah ayat 13:
t¤yur
/ä3s9
$¨B
Îû
ÏNºuq»yJ¡¡9$#
$tBur
Îû
ÇÚöF{$#
$YèÏHsd
çm÷ZÏiB
4
¨bÎ)
Îû
Ï9ºs
;M»tUy
5Qöqs)Ïj9
crã©3xÿtGt
ÇÊÌÈ
“dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di
langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya.
Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan
Allah) bagi kaum yang berfikir.”
Adanya potensi dan
tersedianya lahan yang diciptakan Allah, serta
ketidakmampuan alam raya membangkang terhadap perintah
dan hukum-hukum Tuhan, menjadikan ilmuwan dapat
memperoleh kepastian mengenai hukum-hukum alam.
Karenanya, semua itu mengantarkan manusia berpotensi untuk
memanfaatkan alam yang telah ditundukkan Tuhan. Keberhasilan
memanfatkan alam itu merupakan buah teknologi.[3]
Teknologi banyak macamnya, namun banyak orang yang mengidentikkan teknologi
dengan computer.
C.
Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab
Perkembangan teknologi komputer yang
cepat telah memperluas lingkup perannya seperti internet dan multimedia. Dalam
konteks pembelajaran bahasa sudah banyak diciptakan compact disk program
program kebahasaan. Berbagai aspek kebahasaan; fonologi, morfologi, sintaksis,
leksikologi, dan sastra, serta aspek keterampilan berbahasa semua sudah bisa
diakses dengan mudah melalui multimedia dan internet.[4]
Dalam menggunakan computer, perlu adanya kinerja dari
perangkat-perangkat lain sebagai pendukung dalam memanfaatkan computer, seperti
terkoneksinya computer dengan internet dengan bantuan modem maupun wi-fi.
Dengan terkoneksinya computer dengan internet, guru dapat berinteraksi dengan para siswa ataupun dnegan
narasumber materi yang terkait melaui e-mail, chatting, twitter, maupun
facebook dan lain-lainnya.
Interaksi guru
dengan siswa lebih tinggi dan pengetahuan terbentuk secara berkesinambungan
terhadap apa yang selalu siswa temui dalam perkembangan pengetahuan. Di mana
penggunaan media komputer sebagai pendukung dalam kegiatan pembelajaran sebagai
media perantara, komunikasi dan sumber pengetahuan.
Bagi guru hadirnya internet dapat dijadikan
tempat untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan dalam mata pelajaran yang
menjadi bidang ampuannya. Melalui penggunaan internet guru akan selalu siap
mengajarkan ilmu pengetahuan yang mutakhir kepada para siswanya.
Sementara bagi siswa penggunaan internet dapat
memberikan kontribusi yang positif terhadap kegiatan akademik siswa, Internet
dapat menjadi sebuah referensi atau bahkan gudang ilmu pengetahuan bagi siswa
atau pelajar. Jika mengalami sebuah kesulitan dalam mengerjakan tugas, mereka
dapat menemukan jawaban melalui internet. Bahkan tidak sedikit guru menugaskan
siswanya untuk mencari jawaban dari tugas sekolah di internet.[5]
Terdapat model-model pembelajaran bahasa Arab dengan media
computer, antara lain:
1.
Model Drill and practice
Jenis ini digunakan untuk mempermahir kemampuan atau memperkuat
pemahaman konsep anak tentang suatu materi. Dalam hal ini, siswa siap untuk
mengingat kembali atau mengaplikasikan pengetahuan yang dimilikinya dengan
serangkaian latihan dan praktik yang diberikan.
2.
Model
tutorial[6]
Sejumlah konsep/materi yang perlu
diajarkan dan difahami siswa. Kemudian diikuti dengan sejumlah pertanyaan, atau
latihan/soal untuk memeriksa pemahaman siswa terhadap konsep/materi tersebut.
Siswa berinteraksi dengan komputer seperti ia berinteraksi dengan guru:
“one-to-one session.”
Bila materi yang akan diberikan cukup banyak, maka
penyajiannya akan diberikan secara bertahap, mulai dari materi dasar ke tingkat
yg lebih tinggi, dan seterusnya. Selain itu ada pula sejumlah pertanyaan/soal
yg pemunculannya dibuat random.
Bila siswa gagal melewati kriteria untuk “lulus”, maka ia
akan dikembalikan ke bagian penjelasan konsep/materi yang pertama. Akan tetapi
bila sistem ini disertai dengan modul “remedial”, maka bila gagal, siswa akan
diberikan remedial terhadap topik yang ia salah saja (tidak mengulang semua).
3.
Model
simulasi
Proses simulasi biasanya digunakan untuk mengajarkan proses atau
konsep yang tidak secara mudah dapat dilihat (abstrak), seperti bagaimana
bekerjanya proses ekonomi, atau bagaimana hubungan antara supply & demand
terhadap harga dan seterusnya. Simulasi juga dilakukan untuk memunculkan suatu
keadaan yang berbahaya dan dicobakan di dunia riel.[7]
4.
Model
games/permainan[8]
Pada dasarnya, jenis ini tepat jika diterapkan pada siswa yang
senang bermain. Bahkan, jika didesain dengan baik sebagai sarana bermain
sekaligus belajar, maka akan lebih meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan
metode belajar sambil bermain, maka jenis ini akan sesuai dengan keinginan
siswa, sehingga dapat membantu siswa untuk lebih cepat memahami suatu
pembelajaran.
D.
Kelebihan Dan Kekurangan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bahasa
Arab
Dalam setiap penggunaan dari
sesuatu, tentu akan ada suatu kelebihan maupun kekurangan yang terjadi pada
computer yang dijadikan sebagai media pembelajaran bahasa arab.
a)
Kelebihan
Komputer sebagai media pembelajaran, sebagai berikut:[9]
· Meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa.
· Meningkatkan motivasi siswa.
· Menyesuaikan materi dengan kemampuan siswa.
· Mereduksi penggunaan waktu penyampaian materi.
· Membuat pengalaman belajar lebih menyenangkan, memuaskan dan
menguatkan siswa.
· Komputer tidak akan lelah, benci, marah, dan lupa.
· Dapat menggunakan fasilitas penyimpanan untuk mengetahui kemajuan
belajar siswa.
· Materi dapat di desain lebih menarik.
b).
Kekurangan computer sebagai media pembelajaran, antara lain:[10]
· Perangkat keras dan perangkat lunaknya yang mahal, cepat
ketinggalan. Teknologi yang cepat berubah sangat memungkinkan peralatan yang
dibeli hari ini akan ketinggalan di tahun berikutnya.
· Petunjuk administrasi yang dites dalam waktu singkat. Pertanyaan
seperti apakah (dalam kebanyakan lingkungan) programmer komputer sebaiknya
menjadi perancang instruksional atau perancang intruksional sebaiknya belajar
untuk menjadi programmer belum dapat dipecahkan. Persoalan lain seperti sejauh
mana pengetahuan tentang komputer diperlukan bagi seorang ahli teknologi
pendidikan atau seberapa jauh komputer harus dihadapkan kepada para ahli
pendididkan masih di pertanyakan.
· Suatu kepustakaan yang disusun terutama mengenai artikel-artikel
jurnal profesional, dan perdagangan. Kebanyakan pustaka ini bersifat teknis,
ditulis berdasarkan pandangan ilmu komputer dan biasanya membingungkan
perancang instruksional.
· Keterbatasan bentuk dialog/ komunikasi
· Sering siswa mempunyai jalan pikiran yang belum tentu dapat
terancang dan diungkapkan dengan tepat melalui komputer.
· Untuk feeback yang diperlukan siswa pada dasarnya sering sangat
bervariasi, tetapi dengan komputer kepentingan siswa masing-masing tidak selalu
dapat terlacak atau disediakan oleh program komputer.
· Beberapa program yang disediakan mungkin menyebabkan belajar
hafalan yang kurang bermakna bagi siswa
· Keterseringan menggunakan komputer dapat menyebakan ketergantungan
yang berakibat kurang baik.
· Mengurangi sikap interaksi sosial yang seharusnya merupakan bagian
dalam pendidikan
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
v Computer adalah suatu alat elektronik yang dapat menerima dan
mengolah input dengan menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori computer,
dan menghasilkan output dalam bentuk informasi, serta dapat menyimpan program
atau hasil dari pengolahan dalam suatu media penyimpanan.
v Media pembelajaran bahasa Arab yaitu suatu sarana/alat yang
digunakan sebagai pembawa pesan mengenai materi pembelajaran bahasa Arab.
v Dalam Al-Quran telah menjelaskan mengenai media pembelajaran yang
salah satunya terdapat pada surat Al-‘Alaq ayat 1-5 dan terdapat pula di dalam
surat Al-Jatsiyah ayat 13
v Dalam pembelajaran bahasa Arab dengan media komputer terdapat
beberapa model pembelajaran, sebagai berikut:
·
Model
drill and practice
·
Model
stimulasi
·
Model
turorial
·
Model
games
v Kelebihan computer sebagai media pembelajaran, antara lain:
· Meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa.
· Meningkatkan motivasi siswa.
· Menyesuaikan materi dengan kemampuan siswa.
· Mereduksi penggunaan waktu penyampaian materi, dsb
v Kekurangan computer sebagai media pembelajaran, sebagai berikut:
o
Beberapa
program yang disediakan mungkin menyebabkan belajar hafalan yang kurang
bermakna bagi siswa
o
Keterseringan
menggunakan komputer dapat menyebakan ketergantungan yang berakibat kurang
baik.
o
Mengurangi
sikap interaksi sosial yang seharusnya merupakan bagian dalam pendidikan
o
Keterbatasan
bentuk dialog/ komunikasi
DAFTAR PUSTAKA
http://abdima.blogspot.com/2013/04/memanfaatkan-komputer-sebagai-media-belajar-pembelajaran.html
(4 Maret 2013)
http://endangkusuma93.wordpress.com/2012/12/14/makalah-komputer-sebagai-media-pembelajaran/
(14 Desember 2012)
http://ennykr.blogspot.com/2012/01/media-pembelajaran-berbasis-komputer.html
(25 Januari 2012)
http://ezqieadyati.blogspot.com/2013/05/komputer-sebagai-media-pembelajaran.html
(14Mei 2013)
http://firdhanramadhansmart.wordpress.com/2011/05/05/pembelajaran-berbasis-komputer/
(5 May 2011)
http://mbotex.wordpress.com/2012/12/19/pbk-pembelajaran-berbantuan-komputer-2/
(19 Desember 2012)
http://ruri-education-arce.blogspot.com/2010/10/pemanfaatan-teknologi-komputer-sebagai.html
(Oktober 2010)
http://www.bahasaarabsdit.com/2012/04/pembelajaran-bahasa-arab-berbantukan.html
(20 April 2012)
http://welfaretechno.blogspot.com/2013/04/beberapa-ayat-al-quran-yang-menjelaskan.html
(15 April 2013)
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
[1] Lihat
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
[2] Lihat
http://ennykr.blogspot.com/2012/01/media-pembelajaran-berbasis-komputer.html
(25 Januari 2012)
[3]
Lihat http://welfaretechno.blogspot.com/2013/04/beberapa-ayat-al-quran-yang-menjelaskan.html
(15 April 2013)
[4]
Lihat http://ruri-education-arce.blogspot.com/2010/10/pemanfaatan-teknologi-komputer-sebagai.html
(Oktober 2010)
[5]
Lihat http://abdima.blogspot.com/2013/04/memanfaatkan-komputer-sebagai-media-belajar-pembelajaran.html
(4 Maret 2013)
[6]
Lihat http://ezqieadyati.blogspot.com/2013/05/komputer-sebagai-media-pembelajaran.html
(14Mei 2013)
[7]
Lihat http://endangkusuma93.wordpress.com/2012/12/14/makalah-komputer-sebagai-media-pembelajaran/ (14 Desember 2012)
[8]
Lihat http://mbotex.wordpress.com/2012/12/19/pbk-pembelajaran-berbantuan-komputer-2/
(19 Desember 2012)
[9]
Lihat
http://www.bahasaarabsdit.com/2012/04/pembelajaran-bahasa-arab-berbantukan.html
(20 April 2012)
[10] Lihat
http://firdhanramadhansmart.wordpress.com/2011/05/05/pembelajaran-berbasis-komputer/
(5 May 2011)
Dengan banyaknya yang menyukai burung lovebird, harga jual burung ini pun sangat tinggi dan meningkat, seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga wajar, bila para peternak burung berlomba-lomba membudidayakan burung lovebird agar meraup banyak keuntungan. Namun hal yang banyak terjadi, dalam proses budidaya/beternak burung lovebird, Kita sering mengalami kegagalan untuk mengawinkan keduanya (jantan dan betina). Alasannya cukup simpel, tidak sedikit burung. Masih berkaitan Jika menggunakan cabai bubuk korea warnanya akan jauh lebih merah dan jika menggunakan cabai lokal warnanya tidak secerah cabai korea tapi rasanya lebih mantap.
BalasHapusMasmuka Artinya Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird Ufa Bunga SMartphone