A. Sejarah
Multimedia
Istilah multimedia berawal dari teater, bukan
computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium, seringkali
disebut dengan pertunjukan multimedia.
System multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan
diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987. Pengumuman oleh IBM
tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan
video adhapter card ps/2.
Pada tahun 1994 diperkirakan ada lebih dari 700
produk dan system multimedia yang ada di pasaran.
Multimedia memungkinkan pemakai computer untuk
mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table
dan grafik konvensional. Pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video
bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat music.
Beberapa system multimedia yang bersifat interaktif,
memungkinkan pemakai memilih output dengan mouse atau kemampuan layar
sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi tersebut.
B. Pengertian
Multimedia
Kata multimedia secara etimologi berasal dari dua
kata yakni “Multi” yang berarti banyak atau bermacam-macam, dan “Media” yang
berarti medium/alat dan cara untuk mengkomunikasikan informasi.
Secara terminology (menurut istilah), multimedia
dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa,
menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan
atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.
Menurut Hofstetter (2001), multimedia adalah
penggunaan computer untuk menampilkan informasi yang merupakan gabungan audio,
video, teks dan grafik sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berekreasi
dan berkomunikasi dengan computer.
Sedangkan menurut Robin dan Linda (2001) menyatakan
bahwa multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis
dan intraktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar
video.
Namun menurut Turban,dkk (2002), multimedia adalah
kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data, media ini
dapat audio (suara, music), animasi, video, teks, grafik, dan gambar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia
merupakan pemanfaatan computer yang digunakan untuk membuat atau
mengkombinasikan antara teks, grafik, animasi, audio atau gambar video dengan
menggabungkan link dan tool, sehingga pemakai melakukan navigasi,
interaksi, komunikasi atau berkreasi.
C. Komponen
Multimedia
Multimedia dibagi
menjadi dua kategori, sebagai berikut:
a. Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa
media (text, audio, graphics, animation, video and interactivity) yang berbeda
untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video,
film, game, entertainment, dll). Atau penggunaan sejumlah teknologi yang
berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics,
animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan
komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah:
· Media
Teks
· Media
Audio
· Media
Video
· Media
Animasi
· Media
Grafis/gambar
· Media
Interactivity (Interaktif)
· Media
Spesial Efek
b. Multimedia communication
Multimedia communication adalah menggunakan
media (masssa), seperti televise, radio, cetak, dan internet, untuk mempublikasikan,
menyiarkan, mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaiment,
news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah:
· TV
· Radio
· Film
· Cetak
· Music
· Game
· Hiburan
· Tutorial
· ICT
(Internet)
D. Karakteristik
Multimedia
Multimedia
memiliki karakteristik yang terbagi menjadi dua bentuk, antara lain:
1. Bentuk
Linier. Yaitu sebuah struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi sesuai
urutan dari 1 frame atau bite informasi ke yang lainnya.
2. Bentuk
Non Linier. Yakni struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi secara bebas
yang tak dibatasi oleh rute yang telah ditentukan.
Dari karakteristik tersebut meliputi diantaranya
yaitu:
o
Presentasi multimedia
dapat meliputi non linier dan atau interaktif dan linier atau pasif.
o
Multimedia dapat
memuat hubungan terstruktur yang disebut Hypermedia.
o
Mengembangkan Multimedia,
membuat judul Multimedia dengan piranti Authoring.
o
Proyek
Multimedia ketika dipublikasikan disebut Judul Multimedia. Ada beberapa
istilah-istilah yang sering dipergunakan dalam Multimedia, yaitu: Multimedia
Interaktif yaitu Multimedia yang pengguna akhir atau USER dapat mengontrol apa
dan dalam hal apa urutan elemen multimedia dikirimkan.
o
Programmer Multimedia
yaitu orang yang mengintegrasikan elemen bentuk keseluruhan yang harus
menggunakan sebuah system Authoring/bahasa pemrograman. Proyek Multimedia yaitu
sarana perangkat lunak pesan dan isi yang dapat dipresentasikan pada sebuah
layar computer atau televise. Atau juga bisa disebut dengan proses pembuatan
Multimedia.
E. Perangkat-Perangkat
Multimedia
Dalam suatu pekerjaan selalu membutuhkan perangkat
tambahan atau pendukung agar mencapai hasil yang maksimal. Dibawah ini merupakan
perangkat-perangkat yang mendukung multimedia sebuah computer, sebagai berikut:
1. Perangkat
lunak / aplikasi multimedia
Perangkat lunak ini digunakan untuk menjalankan
fungsi multimedia pada computer. Contoh: perangkat lunak untuk multimedia
adalah Windows Media Player yang dapat digunakan menjalankan CD atau DVD pada
computer kita.
2. CD
/ DVD ROM
Digunakan
untuk memutar berbagai jenis CD, VCD, dan DVD.
3. Sound
Card
Sound card (kartu suara) adalah perangkat yang
terhubung pada papan induk (motherboard), yang berfungsi sebagai alat untuk
mengolah dan mengontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) atau suara yang
keluar melalui speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat
mesukan (Line in, MIc, dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).
4. Kartu
grafis (Graphics Card / Display Adapter)
Kartu grafis merupakan perangkat yang terhubung
langsung di papan induk computer yang berfungsi untuk mengolah citra (gambar)
agar mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang sering digunakan
adalahkartu grafis yang menggunakan teknologi AGP ( Accelerated Graphics
Port ).
5. TV
Tuner
TV Tuner merupakan perangkat yang memungkinkan
computer untuk menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada layar monitor.
TV Tuner biasanya berupa kartu (card) yang dipasang pada card expansi. Tapi
ada juga TV Tuner External yang dipasang di luar computer, bahkan bisa langsung
dihubungkan ke monitor.
6. Speaker
Speaker (pengeras suara) merupakan perangkat output
untuk menghasilkan suara. Contohnya seperti headset.
F. Manfaat
Multimedia
Multimedia
memiliki banyak manfaatnya, yang terurai dibawah ini:
· Industri
kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk
hiburan, untuk seni komersial.
· Komersial
Presentasi yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis
dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk
menawarkan menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi
multimedia.
· Hiburan
dan seni rupa. Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industry
hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan
populer dalam multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang
telah tersedia baik terdistribusi dalam CD-ROM atau online. Beberapa video
games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai
penerima pasif informasi.
· Dalam
pendidikan, multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis computer
dan buku referensi seperti ensiklopedia dan alamanacs yang memungkinkan pengguna
melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topic tertentu, dan gambar
yang terkait dalam berbagai format informasi. Informasi Edutainment adalah
istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan
hiburan, terutama hiburan multimedia. Belajar teori dalam dekade terakhir telah
berkembang dramatis karena pengenalan multimedia.
· Teknik
Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan Simulasi
Komputer untuk sebagai hiburan dan pelatihan seperti pelatihan militer atau industry.
Multimedia sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah
kolaborasi antara kreatifitas dan perangkat lunak.
· Di
sector industry, multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi
untuk membantu pemegang saham, rekan kerja dan atasan. Multimedia ini juga, bermanfaat
untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh
dunia hamper tak terbatas melalui web berbasis teknologi.
· Dalam
matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modeling dan
simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan bisa melihat pada model molecular tertentu
dari substansi dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian
dapat ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia.
· Dalam
pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka
dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh
virus dan bakteri dan kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.
DAFTAR
PUSTAKA
http://sman8tsm.sch.id/page.php?pg=fitur&mod=artikel&id=32
http://cyberndut17.wordpress.com/2012/11/23/etimologi-multimedia/
http://multimediapontianak.blogspot.com/p/etimologi-multimedia_11.html
http://shushy-tugas.blogspot.com/2009/10/makalah-multimedia-oleh-oriza-sativa.html
http://degokers.wordpress.com/2013/03/22/pengertian-multimedia/
http://tokoilmu7.blogspot.com/2012/11/sejarah-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar