trima kasih sudah mampir di blog saya dan jangan bosan mampir yaaa

Rabu, 31 Juli 2013

Etimologi Multimedia



A.     Sejarah Multimedia

Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium, seringkali disebut dengan pertunjukan multimedia.
System multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987. Pengumuman oleh IBM tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adhapter card ps/2.
Pada tahun 1994 diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan system multimedia yang ada di pasaran.
Multimedia memungkinkan pemakai computer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. Pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat music.

Beberapa system multimedia yang bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi tersebut.

B.      Pengertian Multimedia

Kata multimedia secara etimologi berasal dari dua kata yakni “Multi” yang berarti banyak atau bermacam-macam, dan “Media” yang berarti medium/alat dan cara untuk mengkomunikasikan informasi.
Secara terminology (menurut istilah), multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa, menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.
Menurut Hofstetter (2001), multimedia adalah penggunaan computer untuk menampilkan informasi yang merupakan gabungan audio, video, teks dan grafik sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berekreasi dan berkomunikasi dengan computer.
Sedangkan menurut Robin dan Linda (2001) menyatakan bahwa multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video.
Namun menurut Turban,dkk (2002), multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara, music), animasi, video, teks, grafik, dan gambar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan pemanfaatan computer yang digunakan untuk membuat atau mengkombinasikan antara teks, grafik, animasi, audio atau gambar video dengan menggabungkan link dan tool, sehingga pemakai melakukan navigasi, interaksi, komunikasi atau berkreasi.


C.       Komponen Multimedia
Multimedia dibagi menjadi dua kategori, sebagai berikut:
a.    Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertainment, dll). Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah:
·      Media Teks
·      Media Audio
·      Media Video
·      Media Animasi
·      Media Grafis/gambar
·      Media Interactivity (Interaktif)
·      Media Spesial Efek
b.   Multimedia communication
Multimedia communication adalah menggunakan media (masssa), seperti televise, radio, cetak, dan internet, untuk mempublikasikan, menyiarkan, mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah:
·      TV
·      Radio
·      Film
·      Cetak
·      Music
·      Game
·      Hiburan
·      Tutorial
·      ICT (Internet)


D.     Karakteristik Multimedia
Multimedia memiliki karakteristik yang terbagi menjadi dua bentuk, antara lain:
1.    Bentuk Linier. Yaitu sebuah struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari 1 frame atau bite informasi ke yang lainnya.
2.    Bentuk Non Linier. Yakni struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi secara bebas yang tak dibatasi oleh rute yang telah ditentukan.

Dari karakteristik tersebut meliputi diantaranya yaitu:
o  Presentasi multimedia dapat meliputi non linier dan atau interaktif dan linier atau pasif.
o  Multimedia dapat memuat hubungan terstruktur yang disebut Hypermedia.
o  Mengembangkan Multimedia, membuat judul Multimedia dengan piranti Authoring.
o  Proyek Multimedia ketika dipublikasikan disebut Judul Multimedia. Ada beberapa istilah-istilah yang sering dipergunakan dalam Multimedia, yaitu: Multimedia Interaktif yaitu Multimedia yang pengguna akhir atau USER dapat mengontrol apa dan dalam hal apa urutan elemen multimedia dikirimkan.
o  Programmer Multimedia yaitu orang yang mengintegrasikan elemen bentuk keseluruhan yang harus menggunakan sebuah system Authoring/bahasa pemrograman. Proyek Multimedia yaitu sarana perangkat lunak pesan dan isi yang dapat dipresentasikan pada sebuah layar computer atau televise. Atau juga bisa disebut dengan proses pembuatan Multimedia.


E.      Perangkat-Perangkat Multimedia
Dalam suatu pekerjaan selalu membutuhkan perangkat tambahan atau pendukung agar mencapai hasil yang maksimal. Dibawah ini merupakan perangkat-perangkat yang mendukung multimedia sebuah computer, sebagai berikut:
1.    Perangkat lunak / aplikasi multimedia
Perangkat lunak ini digunakan untuk menjalankan fungsi multimedia pada computer. Contoh: perangkat lunak untuk multimedia adalah Windows Media Player yang dapat digunakan menjalankan CD atau DVD pada computer kita.
2.    CD / DVD ROM
Digunakan untuk memutar berbagai jenis CD, VCD, dan DVD.
3.    Sound Card
Sound card (kartu suara) adalah perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard), yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mengontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) atau suara yang keluar melalui speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat mesukan (Line in, MIc, dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).
4.    Kartu grafis (Graphics Card / Display Adapter)
Kartu grafis merupakan perangkat yang terhubung langsung di papan induk computer yang berfungsi untuk mengolah citra (gambar) agar mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang sering digunakan adalahkartu grafis yang menggunakan teknologi AGP ( Accelerated Graphics Port ).
5.    TV Tuner
TV Tuner merupakan perangkat yang memungkinkan computer untuk menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada layar monitor. TV Tuner biasanya berupa kartu (card) yang dipasang pada card expansi. Tapi ada juga TV Tuner External yang dipasang di luar computer, bahkan bisa langsung dihubungkan ke monitor.
6.    Speaker
Speaker (pengeras suara) merupakan perangkat output untuk menghasilkan suara. Contohnya seperti headset.


F.       Manfaat Multimedia
Multimedia memiliki banyak manfaatnya, yang terurai dibawah ini:
·      Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan, untuk seni komersial.
·      Komersial Presentasi yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia.
·      Hiburan dan seni rupa. Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industry hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang telah tersedia baik terdistribusi dalam CD-ROM atau online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.
·      Dalam pendidikan, multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis computer dan buku referensi seperti ensiklopedia dan alamanacs yang memungkinkan pengguna melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topic tertentu, dan gambar yang terkait dalam berbagai format informasi. Informasi Edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan hiburan, terutama hiburan multimedia. Belajar teori dalam dekade terakhir telah berkembang dramatis karena pengenalan multimedia.
·      Teknik Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan Simulasi Komputer untuk sebagai hiburan dan pelatihan seperti pelatihan militer atau industry. Multimedia sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara kreatifitas dan perangkat lunak.
·      Di sector industry, multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja dan atasan. Multimedia ini juga, bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia hamper tak terbatas melalui web berbasis teknologi.
·      Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modeling dan simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan bisa melihat pada model molecular tertentu dari substansi dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia.
·      Dalam pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri dan kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.



DAFTAR PUSTAKA

http://sman8tsm.sch.id/page.php?pg=fitur&mod=artikel&id=32
http://cyberndut17.wordpress.com/2012/11/23/etimologi-multimedia/
http://multimediapontianak.blogspot.com/p/etimologi-multimedia_11.html
http://shushy-tugas.blogspot.com/2009/10/makalah-multimedia-oleh-oriza-sativa.html
http://degokers.wordpress.com/2013/03/22/pengertian-multimedia/
http://tokoilmu7.blogspot.com/2012/11/sejarah-multimedia.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar