trima kasih sudah mampir di blog saya dan jangan bosan mampir yaaa

Sabtu, 20 Juli 2013

Pengertian Linguistik Terapan



التطبيقي (الإصطلاح و المعنى)
Kata linguistik (linguistics-Inggris) berasal dari bahasa Latin “lingua” yang berarti bahasa. Dalam bahasa Perancis “langage-langue”; Italia “lingua”; Spanyol “lengua” dan Inggris “language”.
Menurut Pringgodigdo dan Hasan Shadili,  “linguistik adalah penelaahan bahasa secara ilmu pengetahuan”. Namun , AS Hornby membagi kata linguistics ke dalam dua kategori, yaitu kata sifat dan kata benda. Linguistics sebagai kata sifat berarti “the study of language and languages”. Sedangkan linguistics sebagai kata benda, berarti “the science of language; methods of learning and studying languages”.

Kata Terapan/menerapkan, sama dengan to apply, yang Artinya Memakai atau Menggunakan atau mengerahkan. Makna kata Applied = put to practical use. Dari kata applied melahirkan gabungan kata applied linguistic yang sepadan dengan linguistic terapan (ilmu lughah al-tatbiqy). Namun Ada pula ahli linguis yang tidak setuju dengan istilah itu, Spolsky lebih setuju dengan istilah educational linguistic (linguistic Pendidikan).
Menurut Corder (1973:10) “ linguistik terapan adalah penerapan pengetahuan linguistik di dalam berbagai objek adalah suatu aktivitas. Aktivitas dalam linguistik terapan bukanlah studi teoritis, melainkan penerapan temuan dalam studi teoritis. Maka orang yang bergerak dalam linguistik terapan adalah pengguna teori dan bukan penghasil teori, pengguna teori terapan bukanlah ahli bahasa yang menghasilkan teori bahasa. Mereka hanya pengguna teori yang dihasilkan oleh pakar bahasa atau ahli bahasa.” Dengan demikian, linguistic terapan adalah penerapan ilmu bahasa yang digunakan dalam bidang praktis  yang tidak di ikat dengan unsur-unsur dasar.
Secara umum, linguistic dibedakan menjadi linguistic murni dan linguistic terapan. Linguistic murni mencakup fonologi, morfologi, sintaksis, semantic. Sedangkan  linguistic terapan mencakup bahasan pengajaran bahasa التربية)  (, penerjemahan ) (الترجمة, psikolinguistik  (,(النفسي sosiolinguistik (الإجتماعي) , leksikografi.
·         Fonologi adalah ilmu bahasa yang ruang lingkupnya membahas tentang bunyi bahasa menurut segi fungsionilnya.
·         Morfologi atau tata bentuk yang menganalisa bagian-bagian kata.
·         Sintaksis yaitu mempelajari struktur frase atau kalimat.
·         Semantic adalah cabang sistematik yang menganalisis makna atau arti.
·         Leksikografi, ilmu bahasa yang mengkaji metode dan tehnik dalam pembuatan kamus.

Sumber:
Alwasilah, A. Chaedar. Linguistik Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa Bnadung, 1993.
J.W.M. Verhaar. Pengantar Linguistik.Gadjah Mada University Press, 1982.
Ilmu Al-Lughoh At-Tathbiqy Wa At-Ta’lim Al-‘Arabiyah, Dr. Abduh Ar-Rajihy. Dar Al-Ma’rifah Al-Jamia’ah

1 komentar:

  1. sangat bermanfaat gan...bisa digunakan sebagai referensi untuk mengerjakan tugas-tugas...jangan lupa kunjungi balik di sini ,,terima kasih

    BalasHapus