Hai hai. . .
terima kasih udah mampir diblog dan baca tulisanq yaaa. Kali ini lagi nyoba
bikin kreasi media permainan pembelajaran nih, itung2 buat nambah2 pengetahuan,
he he he. Disimak langsung ajah yaaa. , .
“Tabung Mufrodat”
A. Tujuan
:
Tujuan
permainan ini adallah agar siswa dapat mengelompokkan , mengidentifikasi, atau
menambah perbendaharaan kosa kata (mufrodat). Selain itu dapat juga dapat
dijadikan alat evaluasi dalam mengasah kemampuan mengingat siswa dalam konteks
mufrodat yang telah guru berikan.
B. Alat
yang diperlukan :
Alat
yang ddiperlukan antara lain solatip, kertas dan tabung (bisa terbuat dari
kertas atau botol plastic, dll). Bentuk kertas seperti bentuk lingkaran,
segitiga, kotak atau bintang, dll yang kemudian diberi tulisan kosakata
(mufrodat) bahasa arab.
C. Cara
bermain :
Cara
bermain game ini, sebagai berikut :
1) Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok ( sesuai jumlah siswa ).
2) Guru
memberikan instruksi tentang mekanisme
“TABUNG MUFRODAT “ kepada masing-masing kelompok.
3) Guru
memberikan 1 tabung kepada masing-masing kelompok yang di dalam tabung sudah
terdapat mufrodat yang telah di acak.
4) Masing-masing
kelompok harus mencari, berdiskusi, menyusun atau memasangkan mufrodat dan
artinya (terjemahannya) antara yang satu dengan yang lainnya dengan tepat dan
benar.
5) Kemudian
mufrodat tersebut harus ditempelkan pada sisi luar tabung dalam tempo yang
telah disepakati (guru dan murid) atau telah ditentukan.
6) Guru
memberikan aba-aba sebagai tanda dimulainya permainan maupun berakhirnya permainan.
7)
Setelah game selesai,
tiap kelompok mengirimkan perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
8)
Penilaian bisa
dilakukan oleh guru dengan menyebutkan
kesalahan atau kekeliruan dalam memasangkan mufrodat dengan terjemahannya.
Kelompok yang mendapat nilai banyak di beri reward, sebaliknya kelompok yang
melakukan banyak kesalahan (nilainya rendah) di beri punishment, misalnya di
suruh untuk bernyanyi, dan lainnya.
Ini ada buku rujukannya kah kak?
BalasHapus