trima kasih sudah mampir di blog saya dan jangan bosan mampir yaaa

Minggu, 01 Juni 2014

Permainan Tabung Mufrodat



Hai hai. . . terima kasih udah mampir diblog dan baca tulisanq yaaa. Kali ini lagi nyoba bikin kreasi media permainan pembelajaran nih, itung2 buat nambah2 pengetahuan, he he he. Disimak langsung ajah yaaa. , .

“Tabung Mufrodat”

A.      Tujuan :

Tujuan permainan ini adallah agar siswa dapat mengelompokkan , mengidentifikasi, atau menambah perbendaharaan kosa kata (mufrodat). Selain itu dapat juga dapat dijadikan alat evaluasi dalam mengasah kemampuan mengingat siswa dalam konteks mufrodat yang telah guru berikan.


B.      Alat yang diperlukan :

Alat yang ddiperlukan antara lain solatip, kertas dan tabung (bisa terbuat dari kertas atau botol plastic, dll). Bentuk kertas seperti bentuk lingkaran, segitiga, kotak atau bintang, dll yang kemudian diberi tulisan kosakata (mufrodat) bahasa arab.

C.      Cara bermain :

Cara bermain game ini, sebagai berikut :
1)    Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok ( sesuai jumlah siswa ).
2)   Guru memberikan instruksi tentang mekanisme  “TABUNG MUFRODAT “ kepada masing-masing kelompok.
3)   Guru memberikan 1 tabung kepada masing-masing kelompok yang di dalam tabung sudah terdapat mufrodat yang telah di acak.
4)   Masing-masing kelompok harus mencari, berdiskusi, menyusun atau memasangkan mufrodat dan artinya (terjemahannya) antara yang satu dengan yang lainnya dengan tepat dan benar.
5)   Kemudian mufrodat tersebut harus ditempelkan pada sisi luar tabung dalam tempo yang telah disepakati (guru dan murid) atau telah ditentukan.
6)   Guru memberikan aba-aba sebagai tanda dimulainya permainan maupun berakhirnya permainan.
7)     Setelah game selesai, tiap kelompok mengirimkan perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
8)     Penilaian bisa dilakukan  oleh guru dengan menyebutkan kesalahan atau kekeliruan dalam memasangkan mufrodat dengan terjemahannya. Kelompok yang mendapat nilai banyak di beri reward, sebaliknya kelompok yang melakukan banyak kesalahan (nilainya rendah) di beri punishment, misalnya di suruh untuk bernyanyi, dan lainnya.

1 komentar: